Manfaat dan Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan Tubuh Kita

Selamat pagi sobat BKK, apa kabar? Semoga selalu sehat ya. Oke pada kesempatan pagi yang cerah ini saya akan membahas tentang pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan kita. Banyak orang yang menganggap remeh sarapan pagi, biasanya karena buru-buru kesekolah, kuliah, kerja mereka lupa akan sarapan di pagi hari. Padahal sarapan pagi atau bahasa jawanya breakfest ini sangat penting bagi kesehatan kita sobat.

Dapat kita ketahui bahwa pagi itu adalah keadaan dimana kita umumnya memulai aktifitas dan pekerjaan kita sehari-hari. Baik itu aktifitas formal maupun informal. Karena itu lah dibutuhkan energi untuk memulai suatu aktifitas tersebut.

Taukah sobat?

Kebiasaan sarapan pagi akan membantu untuk menyuplai gizi untuk tubuh. Apalagi untuk otak kita sobat contoh salah satunya, setelah tidur semalam selama 8 jam atau lebih. Dan sarapan pagi ini lah yang akan dapat mengisi kembali kebutuhan nutrisi yang habis ketika istirahat tidur malam kita sobat. Untuk itu kita juga sangat membutuhkan menu sarapan pagi yang sehat dan yang dapat menunjang akan aktifitas kita sehari-hari.

Manfaat Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Pentingnya sarapan-Berita Kumis Kucing-Metro-LampungTak banyak orang sadar akan pentingnya sarapan pagi, padahal sebenarnya hal itu lah salah satu rahasia menjaga kesehatan tubuh agar tetap optimal melakukan aktifitas sehari-hari. Tak peduli betapa sibuknya kita, betapa terburu-burunya kita, usahakan untuk tetap menjaga dan tidak meninggalkan sarapan pagi. Karena sarapan adalah modal awal kita untuk beraktifitas sepanjang hari.

Sebenarnya sarapan pagi mempunyai peranan penting bagi tubuh kita, Berikut beberapa manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh yaitu antara lain adalah sebagai berikut :

Memberikan asupan dan suplai energi awal bagi tubuh dan otak

Sarapan berperan utama untuk menyuplai gizi ke tubuh dan otak sehingga kita akan mampu untuk beraktifitas dengan maksimal sepanjang hari. Dengan sarapan rutin, tubuh akan tetap fit dan tidak akan mudah terserang berbagai penyakit karena kurangnya asupan gizi.

Mencegah penyakit Maag

Kalain punya penyakit maag? Kalau punya, saya sarankan jangan pernah meninggalkan sarapan pagi, karena dengan adanya perut kosong pada pagi hari akan memicu asam lambung meningkat sehingga akan berakibat pada kambuhnya penyakit maag. Kemudian jika tidak sempat sarapan karena terlalu sibuk atau terburu-buru setidaknya kalian makan roti untuk pengganti nasi.

Menurunkan resiko penyakit diabetes

Nah, ternyata sarapan pagi juga dapat menghindarkan kita dari penyakit diabetes sobat. Kenapa coba? Peneliti menemukan hasil terbaik dihasilkan dari sarapan sehari-hari yang rendah gula dan tinggi nutrisi seperti serat dan protein. Sarapan mengembalikan kadar gula darah pada batas normal setelah hampir 8 jam tubuh dalam kondisi puasa, dengan catatan makan malam jam 10 malam. Ini menguntungkan bagi orang-orang dengan kecenderungan diabetes atau yang sudah menderita diabetes.

Membantu merefresh atau menyegarkan otak

Otak adalah pengendali semua kegiatan kita, sehingga otak memerlukan energi yang besar untuk melakukan hal itu. Nah, dengan sarapan otak akan mendapat energi yang cukup dan sarapan juga membantu otak untuk berfikir lebih cepat dan lebih baik tentunya. Ada satu lagi, meningkatkan konsentrasi sobat sekalian.

Meningkatkan imun dan daya tahan terhadap stres

Para peneliti sudah banyak membuktikan dengan adanya riset bahwa karyawan atau orang yang tidaksempat atau meninggalkan sarapan pagi untuk menjalankan rutinitasnya cenderung akan mengalami stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang selalu menikmati sarapan pagi.
Itu lah sobat BKK, pentingnya sarapan pagi, so, mulai sekarang selalu jaga ya sarapan pagi sobat semua. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
Salam sarapan Pagi, ayo kita makan.
Previous
Next Post »

13 komentar

Click here for komentar
21 February 2015 at 15:48 ×

Wah thanks mas infonya. Saya kalo pagi jarang sarapan hehe

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 10:17 ×

Bener banget itu gan, saya sendiri kalo enggak sarapan pagi badan jadi lemes :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 10:26 ×

iya gan, penting sarapan tu, tpi kalau buat anak kost sarapan jam 12 keatas gan :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 11:13 ×

bener dah, kalo gak sarapan pagi badan sukanya lemes doang :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 11:47 ×

wah saya sarapan jam 10 gan :v

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 14:38 ×

Tingkatkan gan jadi jam 12 aja :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:26 ×

Keren" Tapi Saya Jarang sarapan gan :v
ada saran ya gak??

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:33 ×

ada gan, sarannya kalau pagi jogging gan, nanti kan cpt laper, jdi kepaksa buat sarapan :D

Balas
avatar
admin
7 March 2015 at 10:21 ×

Sangat bermanfaat...

Balas
avatar
admin
11 March 2015 at 10:51 ×

artikel yang agan posting ini sungguh bermanfaat dapat membantu menambah wawasan kami.. terimakasih banyak.

Balas
avatar
admin
12 March 2015 at 10:00 ×

terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment