Pencerahan! Jurusan Kuliah Tidak Menjamin Pekerjaan! Kenapa?

Berita Kumis Kucing-Apakah kalian bingung menentukan jurusan apa yang akan kalian ambil setelah lulus SMA? Dan apakah kalian merasa kurang puas dengan jurusan yang kalian geluti saat ini? Dan juga apakah kalian merasa menyesal menjadi lulusan suatu jurusan tertentu?

Jangan khawatir, karena suatu jurusan belum tentu bisa menjamin mendapat pekerjaan. Karena apa? Suatu pekerjaan akan mendatangi kalian apabila kalian punya kemampuan untuk itu. Walaupun kalian masuk jurusan yang katanya “keren” sekalipun, jika kalian tidak punya dedikasi sedikitpun terhadap jurusan yang kalian ambil maka peluang mendapat pekerjaan akan sulit kalian dapatkan nantinya. Dan itu berlaku sebaliknya, jika kalian sangat bangga dan punya dedikasi tinggi dengan jurusan yang anda pilih walaupun banyak orang yang menganggap remeh jurusan itu, maka kalian akan punya peluang yang lebih besar dari orang yang yang masuk jurusan yang katanya “hebat” tapi tidak mempunyai dedikasi sedikitpun. Karena, suatu jurusan hanya menjadi sarana dan fasilitator dalam mengembangkan kemampunan kita. Apabila kalian serius menekuni dunia yang kalian pilih itu, maka lihatlah suatu saat kalian akan menjadi orang yang mampu berpengaruh bagi orang lain.


Berita Kumis Kucing-Jurusan tidak menjamin pekerjaan

Banyak orang yang menyesal dan merasa tidak puas dengan jurusan yang mereka ambil. Beraneka ragam alasan yang mereka lontaran menyikapi hal ini.  Ada yang karena paksaan orang tua, tidak nyaman dengan jurusan yang diambil, dan mereka merasa tak puas lantaran diterima pada jurusan pilihan kedua bahkan ketika dalam proses seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Mereka merasa hal ini akan menjadi beban mereka, mereka berdalih “ini bukan passion saya.” Selain itu juga ada yang mengatakan bahwa jika saya di jurusan ini saya akan susah mendapat pekerjaan. Bukan hal yang tabu lagi, ketika kuliah hanya dijadikan sarana mencari uang dan pekerjaan. Bukan dalam esensi yang sebenarnya yaitu mencari ilmu. Tapi, sudahlah. Saya hanya menegaskan kembali bahwa jurusan tidak mejamin kalian bisa bekerja dan mendapatkan pekerjaan. Itu tergantung usaha dan kerja keras kalian, jurusan hanya berperan 10% dan sisanya tergantung usaha, kemauan dan doa.
Untuk mendukung apa yang saya paparkan diatas, saya memberikan sedikit hasil reset yang saya kutip dari College Essay Guy, Minggu (22/2/2015), ini adalah beberapa alasan mengapa jurusan yang kalian pilih nantinya tidak akan selalu berhubungan dengan masa depan maupun kariermu.

  •       Minat perusahaan beda dengan minat kita

Pada tahun 2013, Riset dilakukan oleh Association of American Colleges and Universities menunjukkan sekirat 93 persen( 93%) manajer rekrutmen mencari seorang kandidat calon pegawai dengan kemampuan untuk berpikir kritis, komunikatif dan kemampuan memecahkan masalah dari pada melihat pilihan jurusan kuliah mereka.
  • Jurusan tidak menuntun karier kalian

Tidak semua orang bekerja sesuai dengan pilihan studi saat kuliah dulu. Selain itu, jurusan kuliah kalian juga tidak akan menjamin gaji yang akan kamu peroleh saat kerja nanti. Jadi, bukalah diri kalian pada berbagai pilihan karier yang tersedia.

  •       Pekerjaanmu mungkin belum ada.

Ada beberapa pekerjaan yang belum ada sekitar sepuluh tahun (10 tahun) lalu seperti pengembang aplikasi, manajer sosial media, atau konsultan pendidikan dan lain-lain. Siapa tahu dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan akan ada berbagai karier baru? Dan mungkin salah satunya cocok untukmu.


Itulah sedikit bahasan Berita Kumis Kucing, semoga ini membantu kita dalam menanggapi rasa kekecewaan dan ketidak puasan kalian dalam sebuah jurusan yang telah kalian pilih. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Previous
Next Post »

52 komentar

Click here for komentar
22 February 2015 at 14:41 ×

Setuju Banget Dengan Postingan anda ^_^

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 15:36 ×

saya lagi fokus mbangun skill nih gan
walaupun masih smk haha

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 15:37 ×

Ane belum kuliah gan.. baru SMA

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 15:54 ×

Jangan sampai salah jurusan gan nanti nya, Sipp gan

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:12 ×

Iya sob gk akan memjamin, yg penting skill tapi gelar juga di butuhkan

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:23 ×

iya gan, tuntutan zaman harus ada gelar :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:23 ×

Benar sekali tuh gan ...
Yang penting skillnya gan :)

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:32 ×

mantap gan....sukses pokoknya ....

dari http://fiqihernandez14.blogspot.com/

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:40 ×

sipp gan, thanks kunjungannya

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:45 ×

itu kan riset yang dilakukan di amerika bukan di negara indonesia, yah intinya jalani dengan baik toh kalau kita punya banyak ketrampilan juga ntar di cari sendiri . . hehe nice post

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:51 ×

memang benar gan , banyak sekali orang yang kuliah di TI tapi tidak tau cara membuat website..

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:51 ×

ane belum kuliah gan.Ane masih SMK Ambil jurusan RPL.Ya cita-cita saya tetep mau jadi programmer dan web designer.Kalau terpaksa gak bisa,ya buka usaha yang masih berhubungan dengan IT atau Computer lah :0

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 17:05 ×

ane gak kuliah gan,ane langsung SMK terus kerjaa :D
nice info gann <33

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 17:20 ×

setuju gan tetep aja keseriusan sama usaha itu paling penting..

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 19:16 ×

saya rasa memang begitu deh gan, mungkin merekaa hanya mengejar gelar tapi tidak terlalu menguasai ilmu nya..

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 21:42 ×

Memang tidak semua jurusan itu menjamin pekerjaan anda. tapi ingat ilmu itu sangatlah penting

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 21:56 ×

memang gan, tpi sekarang esensi kuliah udah banyak berubah, udah bukan lagi mencari ilmu dalam arti yang sebenarnya, tpi kebanyakan cuma ingin cari gelar demi sebuah pekerjaan.. :)

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 16:14 ×

saya sependapat dengan ente..

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 16:22 ×

mantep bro, pas banget infonya, sekarang udh kls 3 smk bro =D

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 17:55 ×

Wah, bener banget gan :D
hehehe

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 18:50 ×

Semangat gan, lanjutkan :)

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 18:51 ×

Gk pa2 gan, yang penting jadi orang sukses :)

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 20:38 ×

Bener bray. Kuliah juga tidak menjamin kesuksesan seseorang kok bray. Tapi tetap positive thinking bray.

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 15:43 ×

Gelar gak menjamin kesuksesan. Karena sukses juga bisa kapan aja....nice post ;) visit back ;)

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 16:48 ×

setuju.. ane juga beda jalur.
yang penting kreatif. he

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 16:56 ×

Mungkin tergantung orangnya juga :v

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 21:36 ×

Setuju bener gan. Disini kadang mereka yang kuliah terlalu fokus ke matakuliahan sedangkan mungkin potensi dia untuk mendapatkan pekerjaan belum tentu tertarget dg tepat ke sana. Sekarang, walaupun saya masih SMU ya sebaiknya lebih banyak mengasah kemampuan gan, soalnya lebih meringankan kita pada saatnya nanti. Nice info bgt ini gan,

Balas
avatar
admin
28 February 2015 at 19:19 ×

bener gan, yang penting banyakin usaha sama doa

Balas
avatar
admin
28 February 2015 at 19:23 ×

siip gan, yang penting ada usaha+kemauan gan, walaupun kuliah kalau cuma leha-leha jga gak akan dpt apa-apa

Balas
avatar
admin
1 March 2015 at 09:48 ×

Wah, kalau jurusan IT menjamin tidak :D

Balas
avatar
admin
1 March 2015 at 09:56 ×

tergantung kita nya gan, jurusan apapun menjamin kalau ada keseriusan

Balas
avatar
admin
12 March 2015 at 23:03 ×

Bener ittu gaan .... infonya mantap

Balas
avatar
admin
20 March 2015 at 10:20 ×

Saya setuju dengan agan . . .

Balas
avatar
admin
4 June 2015 at 20:22 ×

Gua makin bingung mau lanjut ke jenjang kuliah atau enggak takutnya kalau udah lulus kuliah ndak dapat kerja

Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment