Seberapa Besar Fungsi dan Kegunaan IPK Tinggi?

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata IPK?
Kemungkinan besar kalian akan mengatakan bahwa IPK adalah penentu cerdas atau tidak nya seorang mahasiswa. Kalau IPK tinggi pasti “Cerdas” dan sebaliknya.

Apa kah itu yang ada dibenak kalian juga?

Sebelum lebih lanjut, saya akan menjelaskan tentang IPK.
IPK (Indeks Prestasi Komulatif) atau bahasa kerennya GPA ( Grade Point Average ) merupakan nilai akhir atau Komulatif yang merupakan penggabungan  dari IP tiap semester, selain itu IPK adalah hasil evaluasi seorang Mahasiswa baik sarjana maupun doktor. IPK menjadi tolak ukur atau tingkatan kecerdasan akademik seorang mahasiswa di sebuah Universitas ataupun Kampus. Karena hal itu lah IPK tinggi menjadi sasaran kebanyakan mahasiswa. Kebanyakan beranggapan bahwa dengan mendapat IPK tinggi akan memudahkan mereka mendapat beasiswa, melamar pekerjaan, dan terkadang untuk menunjukan bahwa “Saya adalah mahasiswa cerdas”

Berita Kumis Kucing-Seberapa penting IPK Tinggi?

Hal ini tidak masalah, asalkan dengan proses yang benar. Kenapa saya mengatakan begitu? Sekarang kebanyakan mahasiswa banyak mengedepankan hasil daripada proses. Memang “hasil” adalah penentu, tapi taukah kalian? Nanti nya kita akan terjun dalam dunia yang sebenarnya “Real World”. Jika hanya mengedepankan IPK tinggi tetapi tidak melalui proses yang benar, apakah Anda yakin bisa melewati tantangan dunia nantinya? Biarlah diri kita masing-masing  yang menjawab pertanyaan itu.

Kita harus mengakui bahwa kita hidup dalam dunia yang mengedepankan dualisme. Dimana selalu ada selalu yang bertentangan, ada benar ada salah, ada hitam ada putih ada baik ada buruk, begitu pun IPK ada tinggi ada rendah ada IPK proses ada juga IPK hasil. Sekarang ini banyak anggapan dan paradigma yang salah kaprah memandang dunia pendidikan indonesia. Terutama tingkat Mahasiswa itu sendiri. Mereka menginginkan IPK tinggi kemudian cepat lulus dan mendapat pekerjaan dengan gaji besar walaupun dengan cara yang tidak dibenarkan. Tapi kebanyakan mahasiswa hanya itu yang dicari dan melupakan aspek penting yaitu organisasi, kreativitas, dan proses mereka lupakan. Dimana organisasi adalah pembentuk karakter kepemimpinan dan tanggung jawab kita terhadap sesuatu, jika hal ini ditinggalkan dan hanya fokus ke akademik maka seorang mahasiswa akan kehilangan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab mereka jika nantinya terjun di lapangan pekerjaan. Kemudian kretivitas, Kretivitas adalah inovasi yang harus diciptakan seorang mahasiswa. Jangan hanya kuliah pulang kuliah pulang, tapi kita harus mengembangkan jiwa kretivitas kita melalui berbagai kegiatan. Selanjutnya Proses, jangan anggap proses itu tidak penting. Karena apa? Dengan adanya suatu proses yang baik maka hasil yang diperoleh akan baik pula, begitupun sebaliknya.

Nah, sekarang timbul pertanyaan besar. Seberapak penting IPK tinggi bagi kita?

Untuk menjawab itu mari kita bandingkan dengan realita yang ada didunia pekerjaan.
Berikut adalah data survey dari  NACE, Amerika Serikat pada tahun 2002. NACE melakukan survei ini kepada 457 pemimpin perusahaan mengenai karateristik unggul sebagai seorang calon pekerja. Dari survei itu, diperoleh 20 kepribadian unggul lulusan yang paling dicari oleh perusahaan (diurutkan berdasarkan skor tertinggi) yakni sebagai berikut :

1. Kemampuan Komunikasi
2. Kejujuran/Integritas
3. Kemampuan Bekerja Sama
4. Kemampuan Interpersonal
5. Beretika
6. Motivasi/Inisiatif
7. Kemampuan Beradaptasi
8. Daya Analitik
9. Kemampuan Komputer
10. Kemampuan Berorganisasi
11. Berorientasi pada Detail
12. Kepemimpinan
13. Kepercayaan Diri
14. Ramah
15. Sopan
16. Bijaksana
17. Indeks Prestasi
18. Kreatif
19. Humoris
20. Kemampuan Berwirausaha

Dari data tersebut kita dapat ketahui bahwa aspek IPK  berada pada peringkat ke 17. Nah, dari situ apakah Anda yakin masih mengejar IPK tinggi dan meninggal kan proses dan semua hal yang mendungnya seperti Organisasi, Kretivitas dan lainnya?


Previous
Next Post »

16 komentar

Click here for komentar
21 February 2015 at 15:32 ×

Mas,,, saya ingin tau,, apa itu IPK? TQ mas :)

Balas
avatar
admin
21 February 2015 at 16:04 ×

Indeks Prestasi Kumulatif gan, kayak rapot gan kalau di SMA

Balas
avatar
admin
21 February 2015 at 16:42 ×

wahhh thanks gan motivasinya (y)

Balas
avatar
admin
21 February 2015 at 19:55 ×

utk mndpt ipk tinggi itu susah ya mas? :(

Balas
avatar
admin
21 February 2015 at 21:37 ×

Susah-susah gampang gan, tergantung usaha kita aja :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 10:04 ×

Wah kalau itu harus di imbangi dengan usaha dan doa gan :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 10:42 ×

Alhamdulillah saya IPS semester 1 dapet 3,9 gan..
Tp menurut saya ipk lebih dari 3 aja udah bagus, yg penting sering ikut komunitas, organisasi mahasiswa dan lancar public speaking.. :D
salam gan, ane maba 2014 ! :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 10:44 ×

Sama gan kita maba 2014.. setuju gan sama ente..
Kuliah dmana gan?

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 11:32 ×

kalo di Indonesia, kecerdasaan sesorang itu dinilai dari ipk-nya hehehe katanya sih

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 15:33 ×

Saya nggak kuliah mas.. :(

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 16:50 ×

kalo IPK dikatakan kumlod itu gimana ya mas?

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 20:10 ×

kebanyakan sih gtu gan :D

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 20:12 ×

semangat gan, kesuksesan gk cuma bisa diraih para sarjana :)

Balas
avatar
admin
22 February 2015 at 20:17 ×

Cum Loude itu IPK nya lebih dari atau sama dengan 3,5 gan biasanya, tpi tiap universitas berbeda untuk berapa standart mendapat predikat cum laude

Balas
avatar
admin
1 March 2015 at 10:29 ×

Makasi banyak gan, sangat bermanfaat :)

Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment