Apa Itu MEA? Dan Apakah Indonesia Sudah Siap Menghadapinya?

Berita Kumis Kucing-Hai sobat BKK, apa kabar? Kali ini saya akan membahas tentang MEA. Tau kah kalian apa itu MEA dan apa yang dimaksud dengan MEA itu?

Oke kali ini saya akan mengupas tentang hal tersebut. MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) atau lebih kerennya AEC ( Asean Economic Community ) adalah sebuah bentuk kesepakan atau kerjasama antar negara asean untuk memberlakukan perdagangan bebas di semua negara anggota Asean. Sehingga dengan adanya Masyarakat Ekonomia Asean ini, akan lebih memudahkan negara asing untuk mengeksplore dan menjual barang dan jasa ke negara anggota. Tapi selain itu, Perdagangan bebas disini dimaksudkan bukan hanya barang dan jasa saja, tetapi meliputi tenaga kerja, tenaga ahli, konsultan dan masih banyak lagi. Sehingga dengan diberlakukan pasar bebas atau MEA akan lebih memudahkan sekaligus memperketat daya saing.

Berita Kumis Kucing-MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)
Kenapa begitu? Dengan adanya Pasar bebas MEA maka akan terjadi eksploitasi besar-besar antar negara anggota MEA. Negara asing akan lebih mudah memasukan barang, jasa dan tenaga kerja tanpa ijin yang dibatasi. Sehingga otomatis saingan dalam peluang usaha akan semakin berat. Misalkan saja, dengan adanya MEA tenaga kerja seperti Dosen, Dokter dan lainnya dapat bekerja di Indonesia dengan mudah asalkan punya kemampuan untuk itu. Hal ini akan memperkecil peluang tenaga kerja dalam negeri untuk mendapatkan pekerjaan tersebut karena tingginya persaingan antar negara.

MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean mulai diberlakukan tahun 2015 ini. Tapi permasalahan nya sekarang adalah sudah seberapa siapkah Indonesia menghadapi MEA? Hal ini menjadi tanda tanya besar. Menurut analisa dan referensi yang saya baca, indonesia belum cukup siap menghadapi MEA. Kenapa saya mengatakan hal tersebut?

Saya beri contoh yang paling sederhana. Tanyakan hal ini kepada beberapa teman kalian termasuk teman kalian yang terpelajar misalkan mahasiswa. “ Tau kah kalian tentang MEA?” saya rasa banyak yang belum tau tentang hal ini. Apa lagi jika sasaran nya masarakat awam, mungkin jawabanya bisa lebih tragis. Bisa-bisa dijawab begini “MEA itu makan apa ya.” Kemungkinan hal itu bisa terjadi mengingat kurangnya upaya sosialisasi pemerintah tentang adanya MEA. Dari sini, saya simpulkan bahwa Indonesia belum siap menghadapi MEA, karena inti pembangunan dan kemajuan negara ada di tangan masyarakatnya. Jika masyarakat nya saja belum tau mengenai hal ini, apakah sudah bisa dikatakan SIAP? Ya, walaupun kalangan atas seperti pemerintah sudah meng Claim bahwa indonesia sudah siap menghadapi MEA. Tapi apakah hal itu masuk akal dengan kondisi Indonesia saat ini? Dengan jelas saya menjawab TIDAK.

Sejenak kita tinggalkan masalah kesiapan Indonesia menghadapi MEA. Kemudian adakah manfaat dan resiko yang di dapat Indonesia dalam memberlakukan pasar bebas ini?

Pertama, saya akan membahas tentang manfaatnya terlebih dahulu :
  1. Dengan diberlakukan MEA maka Indonesia akan lebih mudah memasarkan barang dan jasanya ke negara anggota lainnya. Hal ini menguntungkan, karena pangsa pasar produk indonesia akan semakin luas.
  2. Meningkatkan infrastruktur dalam negeri dan anggota MEA lainnya.
  3. Peningkatan sumber daya yang ada. Misalnya saja dengan adanya MEA maka otomatis akan meningkat kan daya saing sehingga sumber daya yang ada akan dipacu untuk lebih inovatif, kretif  dan berfikir lebih jauh lagi.

Tapi selain manfaat nya, Indonesia mempunyai banyak resiko dalam menghadapi MEA, berikut adalah contohnya :
  1. Pasar domestik akan sulit berkembang di kancah pemasaran dalam negeri. Karena ketat nya saingan pasar dari luar negeri.
  2. Semakin memburuknya ekonomi dalam negeri.
  3. Banyak pengangguran. Jika MEA diberlakukan dan masyarakat indonesia tidak siap maka mereka harus siap-siap digusur dan digantikan tenaga kerja dari luar.

Nah, dari hal itu maka Indonesia harus lebih siap dan meningkatkan sumber daya manusia yang lebih responsive agar masyarakat indonesia bisa bersaing bahkan mengungguli negara lainya. Karena jika ini tidak dilakukan maka Indonesia akan dijajah di negeri nya sendiri.


Previous
Next Post »

29 komentar

Click here for komentar
23 February 2015 at 19:31 ×

Ehh btw gw kan anak SMA -_- . . . berat banget buat hadepin ini

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 19:33 ×

ya disiap-siapin gan, udah mulai diterapin kok :D

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 20:20 ×

terimakasih gan artikelnya bermanfaat sekali :)

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 20:24 ×

Keren mas, saya suka postingannya :) sya selalu suka postingan disini :)

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 20:35 ×

MEA itu hampir sama kayak AFTA kah ?

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 20:38 ×

Wah saya jadi lebih paham nih :)
makasih gan infonya

Balas
avatar
admin
23 February 2015 at 22:09 ×

Blognya sudah saya follow sob atas nama SimBalisme no 11 follback ya sob thx

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 15:37 ×

berbeda gan, kalau AFTA lebih kerjasama nya dibidang produksi, sedangkan MEA lebih luas lgi seperti yang ane jelasin di postingan

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 16:11 ×

Ntu lebih tepatnya kapan bray? Gue siap bersaing bray.

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 16:25 ×

Wah saya malah baru tahu gan , hihihi
gpp lah sambil belajar
makasih gan infonya :)

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 20:52 ×

apakah ane sudah siap -_-
njiirrr serem kalo gak dapet kerjanan -_-

Balas
avatar
admin
25 February 2015 at 20:57 ×

wah ada dampak positif dan negatif nya juga -,-
nice post gan

Balas
avatar
admin
28 February 2015 at 19:15 ×

haha, santai gan, pasti dapet, kalau gk dapet kerjaan ya ngeblog aja :D

Balas
avatar
admin
20 March 2015 at 10:55 ×

Wah ane sering dengar di TV tapi gak tahu artinya
akhirnya dijelasin sama mastah nih hehe

Balas
avatar
admin
1 June 2015 at 21:17 ×

wahh makaish gan, saya jadi tau nih :D

Balas
avatar
admin
19 March 2016 at 13:38 ×

Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex http://fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di http://fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : 5B47A2C9

Balas
avatar
admin
4 October 2016 at 10:02 ×

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment