Cara Mengelola Uang THR Agar Hemat dan Tepat

Berita Kumis Kucing – Bulan kemenangan sebentar lagi akan menghampiri kita, setelah tiga puluh hari menjalankan ibadah puasa akhirnya akan tiba bulan yang penuh kemenangan, bulan yang penuh dengan maaf dan ampunan. Di bulan ini juga banyak rejeki akan menghampiri kita misalnya saja THR atau Tunjangan Hari Raya. THR ini biasanya sangat dinanti-nantikan setiap orang, biasanya THR ini diberikan seminggu sebelum lebaran tiba. Tunjangan ini berhak didapatkan jika sudah mempunyai masa kerja yang cukup lama di sebuah perusahaan atau PT (Perusahaan Terbatas). Untuk mendapatkan THR sebenarnya cukup mudah, baca : Trik dapat THR Lebaran

Cara Mengelola Uang THR Agar Hemat dan Tepat

Jika Anda sudah mendapatkan THR sekarang Anda harus mengelola uang THR Anda dengan sebijak mungkin, gunakan uang itu untuk keperluan yang penting saja dan hindari membuang-buang uang. Nah, untuk mengelola uang THR sebaiknya Anda ikuti Tips menghemat uang THR berikut ini :

1. Rencanakan Anggaran yang akan dikeluarkan
Yang pertama harus Anda lakukan adalah merencanakan. Rencana sangat penting untuk mengelola keuangan anda. Rencanakan apa saja yang akan anda beli, rencanakan untuk apa saja uang tersebut dan sebaganya. Sehingga pengeluaran anda akan jelas dan terorganisir sehingga dapat menghindari pengeluaran ilegal atau tidak penting.

2. Buatlah Skala Prioritas Kebutuhan
Skala prioritas adalah skala yang mengukur seberapa penting barang/jasa itu dibutuhkan. Misalkan dari beras, baju, hanphone, anda harus bisa memprioritaskan yang penting dulu. Sehingga anda harus membeli beras dulu kemudian baju dan baru handphone, jangan sampai anda membeli handphone dulu baru beras, takutnya beras tidak terbeli karena uangnya habis untuk membeli handphone.

3. Keuangan yang tak terduga
Jika anda seorang perantuan yang bekerja di luar kota anda harus memperhatikan dana-dana yang tidak terduga, misalnya jika anda pulang ke kampung halaman dan menggunakan mobil kemudian mobil mogok atau rusak ditengah jalan otomatis anda harus mengeluarkan uang tambahan yang tidak anda rencanakan, pastikan anda menyiapkan sedikit uang THR anda untuk mengantisipasi hal ini.

4. Melunasi Hutang-Hutang
Jika anda punya hutang tidak ada salahnya melunasi hutang tersebut dengan uang THR anda, jangan sampai hutang itu akan melilit anda nantinya. Apabila uang THR anda habis untuk membayar hutang, tetapi masih ada gaji pokok anda untuk lebaran.

5. Menabung atau berinvestasi
Ini sangat penting untuk masa depan anda dan keluarga anda, ya, menabung. Hal ini sangat diperlukan untuk kebaikan kedepannya, jika anda mempunyai uang THR yang lebih sebaiknya sisihkan sebagian untuk ditabung atau di investasikan. Hal ini dapat mengurangi pemborosan keuangan.


Itulah sedikit tips dan cara untuk mengelola serta mengatur keuangan anda dalam menerima Tunjangan Hari Raya atau THR. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bag kita semua.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
17 August 2015 at 17:13 ×

postingannya pas banget dah...
ahahaha,,,
sayang nya uang nya uda abis

Selamat zen aikido dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment