STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT! JIKA AKU MENJADI KEPALA BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN DESA

Berita Kumis Kucing - Badan Pemberdayaan Masyarakat  Dan Pemerintahan Desa adalah Badan yang bergerak untuk menyusun rencana kegiatan Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan  berdasarkan kebijakan di bidang pemberdayaan masyarakat. Jika aku menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  Dan Pemerintahan Desa saya akan merubah sistem yang belum sesuai dengan keadaan dalam masyarakat, dimana yang seharusnya kebijakan itu dari bottom-up bukan sebaliknya dari up-bottom. Implementasi dari itu saya akan menerapkan sebuah kebijakan yang Pro akan rakyat, yang dapat memberdayakan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Berikut adalah langkah-langkah yang akan saya terapkan.

STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT! JIKA AKU MENJADI KEPALA BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT  DAN PEMERINTAHAN DESA


Langkah pertama yang akan saya lakukan ketika menjadi Kepala Badan pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa adalah dengan mengamati dan mencari tahu akar permasalahan yang ada, baik itu internal dalam tubuh lembaga maupun eksternal yaitu dari masyarakatnya sendiri. Kemudian jika sudah dapat akar permasalahannya saya akan membuat suatu kebijakan yang tentunya akan mensejahterakan masyarakat.

Langkah kedua, menentukan kebijakan yang cocok dan fleksibel untuk perkembangan masyarakat yang semakin cepat berkembang. Karena dengan adanya kebijakan yang fleksibel akan lebih mempermudah dalam penerapannya. Kemudian kebijakan selanjutnya, menghidupkan lembaga pemberdayaan masyarakat dibawah naungan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa. Karena selama ini agen pemberdayaan masyarakat sangat kurang terutama di desa-desa terpencil yang seharusnya pantas untuk mendapatkan pemberdayaan.

Langkah ketiga, memberikan gaji yang cukup kepada para agen pemberdayaan masyarakat. Karena selama ini para agen pemberdayaan belum mendapat gaji yang memadai sehingga sebagian besar tidak sudi menjadi agen pemberdayaan. Karena apabila menjadi agen pemberdayaan, mereka menganggap tidak bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Hal ini sangat miris sekali, jika saya menjadi Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa saya akan memberikan gaji yang cukup dan berbagai tunjangan seperti tunjangan kesehatan dan sebagainya.

Langkah selanjutnya, yaitu untuk masyarakatnya sendiri. Saya akan membuat kebijakan yang menganut sistem Bottom-Up. Sehingga kebutuhan dan ide masyarakat akan lebih tertampung dan efisien dalam melakukan sebuah pemberdayaan. Karena pada dasarnya, yang tahu akan kebutuhan desa atau masyarakat adalah masyarakatnya sendiri bukan pemerintah. Sehinggan sistem Bottom-Up sangat baik untuk diterapkan. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
25 October 2016 at 19:15 ×

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Selamat Sry rahayu said dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment