Beras Plastik Beredar Di Pasaran! Hati-Hati! Bahaya Beras Plastik Mengancam Indonesia

Berita Kumis Kucing – Akhir-akhir ini Indonesia dihebohkan dengan penemuan beras plastik, terbukti hal ini memicu keresahan dan kekhawatiran dari berbagai kalangan. Dengan penemuan beras plastik ini menambah ketidakpercayaan masyarakat akan beras yang di datangkan atau diimport dari negri Tiongkok itu.

Pasalnya, Tidak hanya beras plastik, Negri Tiongkok adalah negara yang mempopulerkan beras palsu itu, bahkan sudah lebih maju dalam hal pemalsuan berbagai makanan.
Contohnya saja yang sempat terdengar oleh kalangan luas bahkan di Asia adalah telur dan susu bubuk melamin.
Namun ternyata setelah diteliti lebih mendalam, melamin ternyata bukan satu-satunya bahan yang ditemukan di dalam susu bubuk palsu tersebut.

Di India bahkan ditemukan susu bubuk yang bercampur bubuk deterjen.
Pemerintah asal India melaporkan pada Selasa [12/05/2015] lalu bahwa survey dari (FSSAI) Food Safety and Standards Authority of India menyatakan lebih dari setengah total 1.791 sampel susu yang didapat di tiga puluh tiga wilayah bagian tidak memenuhi standar kesehatan.

Beras Plastik Beredar Di Pasaran! Hati-Hati! Bahaya Beras Plastik Mengancam Indonesia
Image : Beras Plastik   | Source

"68,4% dari sampel ditemukan tidak memenuhi standar yang telah ditentukan," jelas Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga J. P. Nadda.

Ia juga mengatakan bahwa 44,69% dari sejumlah sampel susu bubuk skim ditemukan tidak memenuhi standar karena terdeteksi adanya glukosa.

Sementara 5,75% dari sampel itu ditemukan adanya campuran deterjen.

Menanggapi hasil survey tersebut, J. P. Nadda mengatakan bahwa akan diberlakukan sanksi khusus untuk aksi pelanggaran standar dan regulasi kesehatan.
Sanksi yang dikenakan termasuk hukuman dalam penjara seumur hidup.

"Dalam kasus di mana sampel ditemukan tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang, Peraturan, serta Regulasi, tindak pidana (terkait) akan dikenakan pada pelaku," ucapnya lagi kepada Press Trust of India.

Layaknya diberitakan sebelumnya, heboh beras plastik terjadi di Kota Bekasi. Seorang penjual bubur dan nasi uduk di Mutiara Gading, Bekasi Timur, Dewi Septiani umur 29 tahun, menemukan butiran-butiran beras yang diduga terbuat dari plastik.

Dewi Septiani merasa adanya perbedaan, setelah 2x mengolah beras yang dibelinya dari salah satu toko beras di kota  itu. Kejadian ini meresahkan banyak orang. Pasalnya, beras tersebut tak dapat dibedakan secara kasat mata, karena bentuknya sangat mirip dengan beras asli.

Menurut dr. Jenni M. Gizi, SpGK, plastik adalah bahan kimia yang tak layak untuk dimakan. Apabila tertelan atau bahkan dimakan efeknya akan menimbulkan gangguan pencernaan. Dikarenakan Lambung yang bertugas mengolah makanan, harus bekerja lebih keras mengolah benda asing yang belum tentu bisa dihancurkan dalam tubuh. Gangguan pencernaan yang terjadi pun, ada jangka pendek maupun jangka panjang.

Gangguan jangka pendek yang bisa terjadi di antaranya adalah diare, mual, kembung, dan muntah. Sedangkan, efek jangka panjangnya adalah kanker.
“Benda asing, dalam hal ini adalah plastik yang masuk ke tubuh, kan sifatnya kimiawi dan sintetik. Umumnya, bahan kimia mengandung karsinogen, inilah yang nantinya bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Kenapa sekarang ini, penyakit kanker semakin banyak? Salah satunya, ya karena adanya bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya, konsumsi gorengan yang digoreng dengan campuran minyak dan plastik, ” ujar dr. Jenni.


Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
24 May 2015 at 22:05 ×

Maaf gan link hidup gak akan hidup disini.

Balas
avatar
admin
25 October 2016 at 19:17 ×

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

Balas
avatar
admin

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment