Beranda · Disclaimer · Privacy Policy · About · Sitemap

Dampak Buruk dan Kerugian Mengkonsumsi Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Berita Kumis Kucing – siapa yang tidak menyukai minuman yang bersoda? Minuman yang satu ini sungguh sangat familiar di berbagai kalangan. Tak pelak minuman soda menjadi salah satu minuman favorit kita sehari-hari. Tapi banyak kontroversi tentang minuman bersoda ini, banyak yang mengatakan minuman soda berbahaya bagi kesehatan kita. Apakah benar? Mari kita bahas disini.

Minuman soda sendiri dibuat dari gula buatan dan tentunya perasa yang tidak alami. Dikutip dari “The organic Life” mengatakan bahwasannya jika Anda terus menerus mengkonsumsi minuman soda itu akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan anda.”

Sourch Photo google edit by Berita Kumis Kucing

Untuk itu saya akan memaparkan beberapa dampak buruk minum minuman bersoda bagi kesehatan kita,

1. Timbunan lemak di bagian tubuh kita

Sudah banyak riset yang meneliti tentang minuman bersoda, salah satunya peneliti di Denmark mengatakan bahwa apabila seseorang mengkonsumsi minuman yang bersoda setiap hari selama jangka waktu enam bulan, efek nya akan muncul lemak di tempat-tempat atau bagian yang tidak akan Anda duga sebelumnya yaitu sekitaran otot, hati sehingga memicu penyakit diabetes dan resistensi hormon insulin.
Dari penelitiian di Denmark ini menunjukan bahwasannya lemak akan bertambah di sekitaran hati sebanyak 132 persen sampai 142 persen. Kemudian diseitaran otot rangka lemak akan bertambah 117 persen sampai 221 pesen. Apabila ini terjadi pastinya akan membuat fungsi organ kita menjadi terganggu. Lebih lagi minuman bersoda akan mampu menaikkan kadar kolesterol.

2. Kegemukan atau obesitas

Taukah Anda bahwa kadar gula dalam minuman soda itu tinggi dan akan berdampak pada bertambahnya berat badan seseorang. University of Texas melakukan penelitian hasilnya sebanyak empat ratus tujuh lima (475) orang dewasa, yang meminum minuman bersoda, 70 persen diantara nya mengalami atau terbukti mempunyai lingkar pinggang yang lebih besar atau melebar.
Penelitian selama 10 tahun ini membuktikan bahwa cola diet pun akan menambah lingkar pinggang seseorang menjadi 500 persen. Hal ini akan terjadi pada Anda apabila mengkonsumsi lebih dari dua gelas soda perhari.

3. Memicu penyakit kanker

Minuman bersoda atau cola salah satu bahan pembuatannya yaitu karamel. Karamal tersebut lah yang menyebabkan cola berwarna kecoklatan. Bahan ini banyak mengandung senyawa kimia yaitu methylimidazole yang menurut penelitian dapat menyebabkan kanker. Selain itu, apabila seseorang terdapat zat ini sebanyak 16 mikrogram perhari nya, zat ini lah yang akan mempositifkan terjadinya kanker. Dan tau kah Anda setiap botol nya cola 600ml  mengandung 200 mikrogram zat ini.

4. Gangguan Pada Jantung dan Ginjal

Salah satu efek dari minuman soda yang lain adalah terjadinya penuan dini. Minuman cola sendiri mengandung asam fosfat, walaupun asam fosfat ada juga dalam daging, kacang, dan susu tapi apabila terlalu berlebihan akan menyebabkan gangguan pada jantung dan ginjal dan sebagainya.


.

Artikel keren lainnya:

1 Tanggapan untuk "Dampak Buruk dan Kerugian Mengkonsumsi Minuman Bersoda Bagi Kesehatan"

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D