Beranda · Disclaimer · Privacy Policy · About · Sitemap

Cara agar Komputer Tidak Lemot, Lelet dan Not Responding

Berita Kumis Kucing – Komputer/PC/Laptop memang sering sekali mengalami gangguan jika tidak di rawat secara benar dan rutin. Salah satunya mengakibatkan komputer menjadi lambat, lelet, lemot dan sering not responding. Hal itu tentunya menjengkelkan dan menggangu aktifitas kita menggunakan komputer, coba bayangkan jika anda sedang mengerjakan tugas, kemudian komputer anda lelet kemudian not responding, pasti anda jengkel bukan? Pasti anda ngedumel dan berfikir bahwa komputer anda minta adek baru. Tapi jangan terburu-buru jengkel, anda bisa saja mengatasi komputer yang lelet, lemot seperti ini. Tapi sebelum lebih lanjut saya akan memaparkan beberapa hal yang menyebabkan komputer kita menjadi lemot.

Cara agar Komputer Tidak Lemot, Lelet dan Not Responding


Sebenarnya banyak sekali yang dapat menyebabkan komputer kita tidak bekerja secara optimal ketika beroprasi, berikut sebagian yang saya tahu;

1. Yang pertama, karena adanya file sampah di dalam harddisk komputer anda yang menyebabkan performa komputer anda menjadi lemot, file sampah ini biasanya berasal dari aplikasi-aplikasi yang tidak penting, adanya file berbentuk temporary dan cookies pada browser internet anda. Ukuran file sampah ini biasanya tidak begitu besar tetapi dampak yang dihasilkan ke komputer anda lumayan besar dan menyebabkan komputer  anda lemot.

2. Yang kedua, berasal dari virus. Virus memang sulit untuk dihindari, banyak celah masuk untuk virus misal dari flasdisk, internet, file yang anda download atau instal dan sebagainya. Virus ini akan menyebabkan komputer anda juga tambah lemot dan lelet karena pada dasarnya virus ini memperberat kinerja dari RAM komputer kita.

3. Startup yang terlalu banyak dan berlebih, ketika anda baru menyalakan komputer anda kemudian sudah banyak aplikasi yang berjalan. Sehingga itu juga menggangu kecepatan komputer anda.

4. Hardware komputer yang anda gunakan sudah cukup lama, kemudian dalam keadaan kotor. Kemungkinan itu juga berpenguh terhadap komputer anda.

5. Panas komputer anda sudah mencapai batasnya, biasanya jika anda menggunakan komputer anda dalam waktu lama, komputer anda akan mngalami panas atau yang biasa disebut overheating. Yang akan menyebabkan kerusakan pada hardware anda.

Diatas adalah penyebab komputer/pc/laptop anda lelet, tapi jangan khawatir saya akan memberikan solusi dan tips agar komputer anda tidak lelet, lemot dan tidak mudah not responding, berikut adalah tips agar komputer tidak lelet;

1. Matikan program yang tidak perlu ketika startup, caranya adalah buka Task Manager atau tekan ctrl+alt+delete kemudian pilih task manager, kemudian klik tab startup, selanjutkan klik disable aplikasi yang tidak perlu.

2. Uninstall aplikasi yang memberatkan atau yang tidak penting di komputer anda, karena aplikasi itu hanya akan memberatkan kinerja RAM.

3.Gunakan antivirus yang ampuh dan lakukan scanning secara berkala, saya merekomendasikan anti virus bawaan yaitu windows defender.

4. Lakukan Defrag di semua drive yang ada dikomputer anda, caranya buka file my computer, klik kanan drive yang akan di defrag, kemudian pilih properties, selanjutnya pilih tab tools dan klik optimize.

5. Update Harddisk anda menjadi lebih besar misal menjadi 4GB atau lebih.

Itulah penyebab dan cara mengatasi komputer yang lemot, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu masalah anda sekalian. Terimakasih.


Tags : Cara mengatasi komputer lemot, cara mengatasi pc lemot, cara mengatasi komputer lelet, tips mempercepat komputer, cara mempercepat komputer, cara meringankan RAM, tips agar komputer tidak lemot, lelet dan not reponding, cara mengatasi komputer berat, cara mempercepat loading, cara merawat komputer/pc/laptop, kenapa komputer lambat, mengatsi komputer not responding.

Artikel keren lainnya:

7 Tanggapan untuk "Cara agar Komputer Tidak Lemot, Lelet dan Not Responding"

  1. thanks gan tipsnya, bermanfaat bgt nih

    ReplyDelete
  2. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Pemberi pinjaman Anthony Yuliana memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan suku bunga rendah dan terjangkau sebesar 1%. Silahkan hubungi kami via e-mail hari ini via ((anthony.yulianalenders@gmail.com))

    Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Pemberi pinjaman Anthony Yuliana memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan suku bunga rendah dan terjangkau sebesar 1%. Silahkan hubungi kami via e-mail hari ini via ((anthony.yulianalenders@gmail.com))

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

• Komentarlah sesuai apa yang di posting
• Dilarang berkomentar yang berbau SARA, kekerasan dan pornografi
• Dilarang meninggalkan link aktif
• Dilarang membaca tanpa meninggalkan komentar, :D